Sun. Jun 7th, 2020

Pelatih Ajax Kritik Erik ten Hag Peran De Jong di Barcelona

Berita ayunama – Pelatih Ajax Erik ten Hag mempertanyakan Barcelona yang dinilainya memberikan peran yang kurang tepat untuk Frenkie de Jong. Ten Hag merasa De Jong bukan seorang yang cocok bermain sebagai pencetak gol dan lebih efektif saat dominan berada di lini tengah.

De Jong kembali bisa mencetak gol untuk Blaugrana saat mereka sukses mengalahkan Real Betis dengan skor 3-2 Senin (2/10) dini hari lalu. Namun rupanya, hal itu cukup menyita perhatian Ten Hag yang memang pernah berkolaborasi bersama De Jong di Ajax.

Ia yakin bahwa sebenarnya De Jong merupakan pemain yang lebih baik saat memberikan bola ketimbang menjadi pencetak gol. Ten Hag juga mengatakan bahwa dirinya pernah menegur De Jong saat Ia bermain lebih maju dalam suatu pertandingan.

“Dia bukan pencetak gol. Dia seorang penyuplai bola, seroang yang membagikan bola pada rekannya, memberi umpan, atau mencetak gol dari posisi naturalnya,”ujar Ten Hag dilansir Fox Sport Asia.

“Begitu saya mengeluarkan dia dari posisi itu, saya pernah bertanya padanya: apakah kamu (pemain) nomor 10? Lalu kapan kamu mencetak gol?”

Selain itu, Ten Hag juga berbicara mengenai kehilangan dua pemain kunci sekaligus, yakni De Jong ke Barcelona dan Matthijs de Ligt ke Juventus dalam satu bursa transfer. Secara jujur, Ia ingin lebih lama bersama kedua pemain muda berbakat Belanda itu.

“Sebenarnya saya ingin mereka tinggal untuk satu atau dua tahun lagi. (Itu) akan bagus untuk Ajax dan Sepakbola Belanda,”ungkapnya.

Kedatangan Quique Setien ke Barcelona memang membuat De Jong mendapatkan peran yang sedikit berbeda dari biasanya. Jika sebelumnya lebih fokus di lini tengah, kini De Jong mendapatkan peran lebih sebagai gelandang serang El Barca.

Sejak peran barunya itu, produktifitas gol dan assist De Jong memang sedikit meningkat. Dari lima pertandingan yang telah dijalaninya bersama Setien, De Jong dapat berkontribusi memberikan satu gol serta tambahan dua assist.

Summary
Review Date
Reviewed Item
bola
Author Rating
51star1star1star1star1star